Minggu, 21 Desember 2014

Review Jurusan Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan adalah ilmu yang mempelajari kegiatan mengambil mineral yang bernilai eko-nomi yang terkandung di dalam bumi; seperti Emas, Intan, dan Batu Bara.

Sebenarnya, jurusan teknik pertambangan ini mirip dengan geologi, hanya saja lebih difokuskan pada yang berkaitan dengan kegiatan pertambangan. Nama-nya juga teknik pertambangan, jadi intinya kita belajar bagaimana cara menambang. Hal ini dimulai dari bagai-mana kita mencari sumber-sumber barang tambang, menentukan lokasi, menentukan tingkat ekonomisnya (jumlah barang tambang yang ada di lokasi tersebut apakah cukup banyak untuk menghasilkan keuntungan ketika ditambang), dan kemudian menentukan teknik yang terbaik untuk menambang barang tambang tersebut.

Untuk mendukung itu semua, maka kita di jurusan teknik pertambangan mempelajari ilmu Geologi, Kimia, Fisika. Geologi tentu saja harus kita kuasai sebab kita akan berususan dengan bumi. Kita harus tahu bagaimana sifat-sifat bumi dan jenis-jenis batuan beserta sifatnya. Lalu kita juga harus mempelajari ilmu kimia karena pada dasarnya komponen dari barang tambang memiliki kandungan kimia yang berbeda-beda. Dari analisis kimia kita bisa menentukan jenis bebatuan yang ada. Kemudian Fisika, kita perlu mempelajari ilmu ini karena ilmu inilah yang akan membantu kita pada proses pertambangan, misalnya bagaimana kita menentukan kemiringan lereng pada tambang terbuka agar tidak terjadi longsor. Namun ketiga ilmu ini tidak berdiri sendiri-sendiri, namun saling bekerjasama. Contoh sederhana: dari sample batuan yang diambil kita bisa menentukan batuan tersebut termasuk dalam batuan apa dari analisis kandungan kimianya, dengan ilmu geologi, kita bisa mengetahui sifat batuan tersebut, misalkan batuan tersebut mudah pecah sehingga mudah longsor. Dengan kemampuan Fisika yang kita miliki, kita bisa menghitung besar sudut lereng agar batuan tersebut tidak longsor ketika ditambang.

Prospek Kerja
Seorang sarjana teknik pertambangan dibutuhkan dalam perusahaan pertambangan, baik perusahaan pertambangan nasional, internasional, maupun multinasional, seperti PT. Newmont Nusa Tenggara dan PT. Freeport Indonesia.

Kesan-kesan
Jurusan pertambangan mungkin termasuk jurusan yang tidak umum. Namun tidak berarti masa depan lulusan jurusan ini tidak menjanjikan. Justru sebaliknya, jurusan ini justru menjanjikan pekerjaan dengan penghasilan yang jauh lebih tinggi daripada jurusan-jurusan lain pada umumnya. Ada beberapa perusahaan pertambangan yang bisa memberikan 20 kali gaji.

Jurusan ini juga tidak membutuhkan matematika, fisika, maupun kimia tinggi. Perhitungan dalam ilmu pertambangan bahkan bisa diselesaikan dengan kalkulator „tukang sayur‟. Yang paling banyak dibutuhkan di jurusan ini adalah logika. Sedangkan untuk materi kuliah di jurusan ini hampir semuanya baru seperti peralatan tambang, mekanika batuan, analisis investasi tambang, dll. banyak hal baru yang kita pelajari seperti mempelajari truck tambang yang ukuruan diameter ban-nya bisa mencapai 3m dan juga mempelajari alat gali tanah berjenis BWE dengan berat mencapai 14.000 ton. Selain mempelajari hal teknis, kita juga mempelajari ekonomi tambang beserta analisis investasinya dan ditambah mempelajari ilmu menejemen. Kita juga didukung dengan praktikum yang menarik seperti praktikum peledakan (karena ada mata kuliah peledakan), dll. Kita juga diajari menggunakan software pemodelan tambang 3D.

Beberapa salah pengertian di masyarakat sehingga perlu diklarifikasi antara lain adalah lulusan tambang bergelar sarjana teknik, maka dari itu lulusan jurusan bukan lulus untuk jadi operator, melainkan menjadi jajaran menejemen dan perencana. Kegiatan pertambangan memperhatikan lingkungan. Selama ini media hanya menyajikan kerusakan alam akibat tambang liar sedangkan sesungguhnya lebih banyak tambang resmi yang mana mereka sangat memperhatikan lingkungan. Adalah munafik jika kegiatan pertambangan dibenci oleh masyarakat mengingat kegiatan pertambangan adalah salah satu dari 2 kegiatan awal manusia purba selain bercocok tanam yang mana kehidupan kita tak bisa terlepas dari barang tambang. Mulai dari emas yang mengontrol ekonomi dunia, pisau sebagai kebutuhan rumah tangga, hingga peralatan elektronik yang memudahkan kehidupan kita. Semua berasal dari barang tambang. Maka dari itu, sebagai kegiatan tertua dalam sejarah manusia dan betapa dibutuhkannya kegiatan ini bagi kehidupan manusia, saya merasa bangga kuliah di jurusan ini.

0 komentar:

Posting Komentar